Breaking

LightBlog

Thursday, November 29, 2018

Rekayasa Ide Dasar Informatika


REKAYASA IDE
Artificial Intelligence
(Syntax Pemograman Menggunakan Bahasa Indonesia)
                                                                                                                    
                                                       

NAMA                                     :  MUHAMMAD FEBRILIAN ZULRAHMAN
NIM                                          :  4183550009
KELAS                                    :  ILMU KOMPUTER A
DOSEN PENGAMPU            :  SAID ISKANDAR M.Si.
MATA KULIAH                    :  DASAR INFORMATIKA



JURUSAN MATEMATIKA
PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
NOVEMBER 2018

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena dengan berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyusun tugas rekayasa ide ini dengan berjudul .Tugas ini disusun guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dasar Informatika.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga Tugas ini dapat diselesaikan meskipun dalam bentuk yang sederhana. Tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan tugas ini.
Semoga tugas ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini serta masa yang akan datang.

Medan, 17 November 2018


                                                                                             Muhammad Febrilian Zulrahman



DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR..................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................. ii
BAB I    MASALAH..............................................................................................         1
A.    Latar Belakang..................................................................................         1
B.     Rumusan Masalah.............................................................................         1
C.     Tujuan...............................................................................................         1

BAB II   ALTERNATIF METODE YANG SUDAH ADA......................................         2

BAB III IDE BARU...................................................................................................... 3

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 4






BAB I
MASALAH
A.    Latar Belakang

Ilmu komputer merupakan salah satu jurusan yang paling diminati dalam dunia perkuliahan bagi siswa SMA. Terlebih lagi di era sekarang yang semua serba digital, banyak orang yang berminat untuk mempelajari komputer, system komputer hingga ke bahasa pemrograman. Hal yang harus diketahui semua orang untuk mempelajari komputerisasi ini tidaklah mudah dan murah.
Kita harus memiliki alat komputerisasi agar dapat mempelajarinya, tidak bisa hanya belajar dari buku lalu diterapkan. Harus melalui proses komputerisasi yang semua serba menggunakan alat digital. Dan menerapkan nya dalam kehidupan kita juga harus mengerti bagaimana komputer agar bisa bekerja layaknya manusia. Kita harus mempelajari bahasa pemrograman , mencoding, dan mengcompile agar system komputerisasi dapat bekerja.
  Bahasa pemrograman memang menjadi pelajaran yang sulit untuk mahasiswa , terkhusus mahasiswa jurusan komputerisasi. Banyak keluhan yang saya dengar tentang betapa sulitnya mempelajari pelajaran pemrograman. Mulai dari menghafal syntax-syntax yang ada hingga struktur aturan yang harus tepat. Tentunya itu sulit jika tidak dipelari berulang-ulang dan perbanyak latihan. 
B.     Rumusan Masalah

Membuat suatu program memerlukan codingan yang cukup banyak dan kita juga harus memahami konsep algoritma nya. Bingung bukan? Iya pasti, maka dari itu banyak ilmuan membuat agar bahasa pemrograman lebih mudah dipahami. Termasuk saya juga dalam tugas ini ingin memaparkan sebuah ide saya untuk membuat bahasa pemrograman mudah dipahami, terkhusus yang baru mempelajari bahasa pemrograman.
C.    Tujuan

Selain tugas ini bertujuan untuk melengkapi nilai di mata kuliah jurusan dasar informatika saya, dihati saya juga terdapat niat agar hasil ide saya ini bermanfaat bagu banyak orang dan dapat direalisasikan bagi orang-orang yang mampu. Karena ide ini menurut saya jika direalisasikan akan mempermudah bagi mahasiswa jurusan IT apalagi untuk yang baru mempelajari bahasa pemrograman. Tentunya ini juga bisa menjadi terobosan baru bagi bangsa Indonesia karena mampu menciptakan sebuah software bahasa pemrograman yang bersyntax bahasa Indonesia.


BAB II
ALTERNATIF METODE YANG SUDAH ADA

Bahasa pemrograman, sering juga disebut bahasa simbolik atau bahasa sumber; dengan bahasa ini informasi yang dibutuhkan mesin untuk melakukan komputasi dimasukkan lewat unit input. Pemrograman dalam bahasa mesin yang terdapat dalam unit memory memungkinkan komputer menterjemahkan informasi input dari bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesinnya sendiri. Program yang penting ini disebut prosesor.
Untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan system komputasi, harus diikuti langkah-langkah berikut. Pada tahap pertama, yang membuat program (manusianya) menyiapkan instruksi beserta data-data dalam bahasa pemrograman. Prosesor yang tertulis dalam bahasa mesin harus dibaca masuk kedalam unit memory kalau prosesor tersebut belum ada didalamnya. Program sumbernya, tertulis dalam bentuk kode diatas kartu punch atau alat input lain, juga dimasukkan ke dalam mesin. Versi program hasil terjemahan disebut program obyek. Satu salinan program ini, barang kali tertulis diatas kartu “punch” dapat diminta sebagai output dari komputer, kalau memang dinginkan. Hal ini menguntungkan karena jika program digunakan berkali-kali , waktu dan biaya penterjemahan yang kedua kali dapat dihindarkan. Seringkali salinan semacam ini dikeluarkan secara otomatis. Langkah terakhir ialah pengeksekusian program obyek. Hal ini dapat dilakukan dengan segera atau ditunda sampai waktu yang dinginkan.
Bahasa pemrograman muncul pada akhir tahun 1950-an, dimana yang pertama ditemukan adalah bahasa pemorograman tingkat rendah yaitu bahasa assembler. Bahasa assembler ini sangat banyak kelemahannya dibandingkan bahasa pemrograman yang kita gunakan sekarang ini. Contohnya seperti bahasa pemrograman bahasa C, C++, Pascal dan lainnya. Berikut adalah contoh bahasa pemrograman Pascal.





Text Box: Program Pascal;
Begin 
 Writeln(‘Selamat Belajar Bahasa Pemrogaman Pascal’);
End.
 





Melihat contoh bahasa pemrograman pascal diatas dapat kita perhatikan bahwa bahasa tersebut menggunakan bahasa inggris dalam symbol syntax nya. Itu juga merupakan suatu kesulitan bagi mahasiswa untuk membuat sebuah program. Karena harus menghafal banyaknya syntax berbahasa Indonesia.

BAB III
IDE BARU
Mengapa syntax bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris. Hanya sekedar bahasa yang berbeda mengapa menyulitkan mahasiswa. Apa tidak ada bahasa kita sendiri dalam membuat program. Inilah pertanyaan yang memunculkan ide saya untuk membuat sebuah software bahasa pemrograman menggunakan bahasa Indonesia.
Pertama sekali untuk membuat bahasa pemrograman bahasa Indonesia kita harus menguasai minimal satu bahasa pemrograman. Bahasa C,C++,dan Pascal. Salah satunya harus kita kuasai agar dapat kita ketahui bagaimana cara kerja bahasa pemrograman tersebut dan apa saja syntax yang terdapat dalam bahasa pemrograman itu. Setelah itu mungkin kita melakukan translater dari syntax salah satu bahasa pemrograman itu ke dalam bahasa Indonesia. Kemudian kita mencari kelemahan dan kekurangan agar kita dapat membuat sebuah bahasa pemrograman yang lebih baik daripada bahasa pemrograman tersebut. Lalu kita ciptakan sebuah software bahasa pemrograman kita sendiri menggunakan bahasa Indonesia.
Bisa kita bayangkan langkah-langkah diatas kelihatannya mudah. Namun harus diingat bahwa pelajran pemrograman itu sangat sulit. Kalian harus belajar dan berlatih terus-menerus hingga kalian mahir dalam bahasa pemrograman. Lalu kalian barulah bisa membuat bahasa pemrograman kalian sendiri. Dibawah ini bayangan contoh bahasa pemrograman Bahasa Indonesia.



Text Box: Program Bahasa Indonesia;
Mulai 
 Masukkan(‘Selamat Belajar Bahasa Pemrogaman bahasa Indonesia’);
Selesai.
 





Tidak jauh beda bukan dengan bahasa pemrograman yang sebelumnya saya contohkan.Semoga bahasa pemrograman ini dapat direalisasikan dan dapat terwujud. Agar mempermudah kita dalam mempelajari bahsa pemrograman. Dengan mudah kita mempelajari pemrograman dapat mempermudah kita dalam kehidupan dan dapat dimanfaatkan dalam bidang bisnis untuk memajukan Negara ini.




DAFTAR PUSTAKA

Hanaya Ester. 1984. Penghantar Ilmu Komputer. Erlangga :Jakarta.
 






Text Box: Program Pascal;
Begin 
 Writeln(‘Selamat Belajar Bahasa Pemrogaman Pascal’);
End.



No comments:

Post a Comment

Adbox