REKAYASA
IDE
Artificial Intelligence
(Syntax Pemograman Menggunakan Bahasa Indonesia)
NAMA : MUHAMMAD FEBRILIAN ZULRAHMAN
NIM : 4183550009
KELAS : ILMU
KOMPUTER A
DOSEN PENGAMPU : SAID ISKANDAR M.Si.
MATA KULIAH : DASAR INFORMATIKA
JURUSAN MATEMATIKA
PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
NOVEMBER 2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena dengan berkat dan rahmat-Nya
saya dapat menyusun tugas rekayasa ide ini dengan berjudul
.Tugas ini disusun guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dasar Informatika.
Saya mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga Tugas ini dapat
diselesaikan meskipun dalam bentuk yang sederhana. Tugas ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun demi kesempurnaan tugas ini.
Semoga tugas
ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi saat ini serta masa yang akan datang.
Medan, 17
November 2018
Muhammad Febrilian Zulrahman
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR..................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................. ii
BAB I MASALAH.............................................................................................. 1
A. Latar
Belakang.................................................................................. 1
B. Rumusan
Masalah............................................................................. 1
C. Tujuan............................................................................................... 1
BAB II ALTERNATIF METODE YANG SUDAH ADA...................................... 2
BAB III IDE BARU...................................................................................................... 3
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 4
BAB I
MASALAH
A. Latar
Belakang
Ilmu komputer merupakan salah satu jurusan yang paling diminati dalam
dunia perkuliahan bagi siswa SMA. Terlebih lagi di era sekarang yang semua
serba digital, banyak orang yang berminat untuk mempelajari komputer, system
komputer hingga ke bahasa pemrograman. Hal yang harus diketahui semua orang
untuk mempelajari komputerisasi ini tidaklah mudah dan murah.
Kita harus memiliki alat komputerisasi agar dapat mempelajarinya, tidak
bisa hanya belajar dari buku lalu diterapkan. Harus melalui proses
komputerisasi yang semua serba menggunakan alat digital. Dan menerapkan nya
dalam kehidupan kita juga harus mengerti bagaimana komputer agar bisa bekerja
layaknya manusia. Kita harus mempelajari bahasa pemrograman , mencoding, dan
mengcompile agar system komputerisasi dapat bekerja.
Bahasa pemrograman memang menjadi
pelajaran yang sulit untuk mahasiswa , terkhusus mahasiswa jurusan
komputerisasi. Banyak keluhan yang saya dengar tentang betapa sulitnya
mempelajari pelajaran pemrograman. Mulai dari menghafal syntax-syntax yang ada
hingga struktur aturan yang harus tepat. Tentunya itu sulit jika tidak dipelari
berulang-ulang dan perbanyak latihan.
B. Rumusan
Masalah
Membuat
suatu program memerlukan codingan yang cukup banyak dan kita juga harus memahami
konsep algoritma nya. Bingung bukan? Iya pasti, maka dari itu banyak ilmuan
membuat agar bahasa pemrograman lebih mudah dipahami. Termasuk saya juga dalam
tugas ini ingin memaparkan sebuah ide saya untuk membuat bahasa pemrograman
mudah dipahami, terkhusus yang baru mempelajari bahasa pemrograman.
C.
Tujuan
Selain
tugas ini bertujuan untuk melengkapi nilai di mata kuliah jurusan dasar
informatika saya, dihati saya juga terdapat niat agar hasil ide saya ini
bermanfaat bagu banyak orang dan dapat direalisasikan bagi orang-orang yang
mampu. Karena ide ini menurut saya jika direalisasikan akan mempermudah bagi
mahasiswa jurusan IT apalagi untuk yang baru mempelajari bahasa pemrograman.
Tentunya ini juga bisa menjadi terobosan baru bagi bangsa Indonesia karena
mampu menciptakan sebuah software bahasa pemrograman yang bersyntax bahasa
Indonesia.
BAB
II
ALTERNATIF
METODE YANG SUDAH ADA
Bahasa pemrograman,
sering juga disebut bahasa simbolik atau bahasa sumber; dengan bahasa ini
informasi yang dibutuhkan mesin untuk melakukan komputasi dimasukkan lewat unit
input. Pemrograman dalam bahasa mesin yang terdapat dalam unit memory
memungkinkan komputer menterjemahkan informasi input dari bahasa pemrograman ke
dalam bahasa mesinnya sendiri. Program yang penting ini disebut prosesor.
Untuk menyelesaikan
masalah dengan bantuan system komputasi, harus diikuti langkah-langkah berikut.
Pada tahap pertama, yang membuat program (manusianya) menyiapkan instruksi
beserta data-data dalam bahasa pemrograman. Prosesor yang tertulis dalam bahasa
mesin harus dibaca masuk kedalam unit memory kalau prosesor tersebut belum ada
didalamnya. Program sumbernya, tertulis dalam bentuk kode diatas kartu punch
atau alat input lain, juga dimasukkan ke dalam mesin. Versi program hasil
terjemahan disebut program obyek. Satu salinan program ini, barang kali
tertulis diatas kartu “punch” dapat diminta sebagai output dari komputer, kalau
memang dinginkan. Hal ini menguntungkan karena jika program digunakan
berkali-kali , waktu dan biaya penterjemahan yang kedua kali dapat dihindarkan.
Seringkali salinan semacam ini dikeluarkan secara otomatis. Langkah terakhir
ialah pengeksekusian program obyek. Hal ini dapat dilakukan dengan segera atau
ditunda sampai waktu yang dinginkan.
Bahasa pemrograman
muncul pada akhir tahun 1950-an, dimana yang pertama ditemukan adalah bahasa
pemorograman tingkat rendah yaitu bahasa assembler. Bahasa assembler ini sangat
banyak kelemahannya dibandingkan bahasa pemrograman yang kita gunakan sekarang
ini. Contohnya seperti bahasa pemrograman bahasa C, C++, Pascal dan lainnya.
Berikut adalah contoh bahasa pemrograman Pascal.
![]() |
Melihat contoh bahasa
pemrograman pascal diatas dapat kita perhatikan bahwa bahasa tersebut
menggunakan bahasa inggris dalam symbol syntax nya. Itu juga merupakan suatu
kesulitan bagi mahasiswa untuk membuat sebuah program. Karena harus menghafal
banyaknya syntax berbahasa Indonesia.
BAB
III
IDE
BARU
Mengapa syntax bahasa
pemrograman menggunakan bahasa inggris. Hanya sekedar bahasa yang berbeda
mengapa menyulitkan mahasiswa. Apa tidak ada bahasa kita sendiri dalam membuat
program. Inilah pertanyaan yang memunculkan ide saya untuk membuat sebuah
software bahasa pemrograman menggunakan bahasa Indonesia.
Pertama sekali untuk
membuat bahasa pemrograman bahasa Indonesia kita harus menguasai minimal satu
bahasa pemrograman. Bahasa C,C++,dan Pascal. Salah satunya harus kita kuasai
agar dapat kita ketahui bagaimana cara kerja bahasa pemrograman tersebut dan
apa saja syntax yang terdapat dalam bahasa pemrograman itu. Setelah itu mungkin
kita melakukan translater dari syntax salah satu bahasa pemrograman itu ke
dalam bahasa Indonesia. Kemudian kita mencari kelemahan dan kekurangan agar
kita dapat membuat sebuah bahasa pemrograman yang lebih baik daripada bahasa
pemrograman tersebut. Lalu kita ciptakan sebuah software bahasa pemrograman
kita sendiri menggunakan bahasa Indonesia.
Bisa kita bayangkan
langkah-langkah diatas kelihatannya mudah. Namun harus diingat bahwa pelajran
pemrograman itu sangat sulit. Kalian harus belajar dan berlatih terus-menerus
hingga kalian mahir dalam bahasa pemrograman. Lalu kalian barulah bisa membuat
bahasa pemrograman kalian sendiri. Dibawah ini bayangan contoh bahasa
pemrograman Bahasa Indonesia.
![]() |
Tidak jauh beda bukan
dengan bahasa pemrograman yang sebelumnya saya contohkan.Semoga bahasa
pemrograman ini dapat direalisasikan dan dapat terwujud. Agar mempermudah kita
dalam mempelajari bahsa pemrograman. Dengan mudah kita mempelajari pemrograman
dapat mempermudah kita dalam kehidupan dan dapat dimanfaatkan dalam bidang
bisnis untuk memajukan Negara ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Hanaya Ester. 1984. Penghantar Ilmu Komputer.
Erlangga :Jakarta.
![]() | |||
No comments:
Post a Comment